Kamis, 14 Januari 2016

Mebel Interior Kapal

Mebel pada Interor Kapal

           Mebel / Fufniture tidak hanya dirumah saja, didalam kapal pun ada juga mebel,bedanya kalau meubel pada kapal yaitu terletak pada kapal lah gan namanya juga mebeler kapal  hehehehe :) :p ngga ngga saya cuma becanda kok permisa, kita akan lanjut membahas tentang Mebel pada Interior Kapal, di kapal ada beberapa macam mebel seperti : Tempat tidur, Almari, Meja, dan Kursi dll. bedanya dikapal ,mebel tersebut ditempatkan secara permanen didalam suatu ruangan(Kamar tidur,ruang makan,ruang navigasi,ruang informasi,dll) dan dirancang khusus agar tempatnya tidak berubah ubah walaupun sedang ada guncangan.

Berikut ini contoh gambar gambar mebel pada beberapa ruangan kapal:

1. Pada Kamar Tidur

 
    Salah besar kalau anda menganggap ruangan ini adalah ruangan tidur pada hotel berbintang ,gambar diatas tersebut adalah interior kamar tidur pada sebuah kapal pesiar,di ruangan tersebut ada tempat tidur,almari,sofa,dan meja.

- Tempat tidur, alasnya terbuat dari kayu dan dikunci pada deck kapal, dan kemudian pada bagian atasnya ditempatkan spring bad , hal ini dilakukan apabila terjadi guncangan tempat tidur tidak tergeser dan berlarian kemana-mana maka dari itu alas tempat tidur tersebut dibuat dari kayu dan dikunci pada deck kapal.

- Almari ,tebuat dari kayu dan bagian bawah dikunci pada deck kapal ,biasanya almari ditempatkan di pojok pojok ruangan dan memanfaatkan ruangan yang tersisa.

- Sofa , umumnya sofa pada kapal sama dengan sofa pada dirumah rumah,perbedaanya yaitu bentuknya lebih sederhana dan bagian bawah dikunci pada deck kapal.

- Meja, bahan bisa terbuat dari kayu dan besi, meja pada kapal juga tidak berbeda dengan meja pada umumnya, perbedaanya pada kaki meja dikuci kan pada deck kapal.


2. Pada Ruang Makan


 Gambar diatas merupakan contoh pada ruang makan pada kapal pesiar ,dimana ada beberapa mebel seperti, meja makan,kursi,dan hiasan pilar. Mebel ruang makan pada kapal pesiar tersebut bisa dibilang mewah karena desainnya sangat rapi dan elegan. berbeda dengan ruangan makan pada kapal-kapal barang,tanker,dll dimana model mebelnya didesain seperlunya saja tidak mengutamakan nilai keindahan seperti pada ruangan makan pada kapal pesiar.

- Meja Makan , pada kapal pesiar meja makan dibuat seperti yang ada pada restoran,karena kegunaan kapal pesiar untuk berwiata,bahan biasanya terbuat dati kayu yang mempunya kelas awet yang bagus supaya lebih tahan lama. tidak berbeda jauh dengan mebel pada ruang makan pada kapal barang ,desainya lebih sederhana karena untuk ABK(Anak Buah Kapal) ,perwira dan nahkoda, dan kegunaan dari kapal tersebut untuk mengangkut barang.











33 komentar:

  1. gan, apa mebel pada kapal hanya itu saja?

    BalasHapus
  2. masih banyak lagi gan ini masih proses belum semuanya saya posting,mungkin kalau ada yang kurang jelas gan/bisa ditanyakan langsung ....

    BalasHapus
  3. tolong di perjelas lagi gan, mebel yang ada di interior kapal apa saja, kok cuman di kamar tidur saja

    BalasHapus
  4. siap mas rahayu ini masih proses penelitian jadi bertahap nulis artikelnya hehehe:)

    BalasHapus
  5. pada gambar kamar tidur yang diatas apakah itu kamar tidur untuk penumpam atau untuk kapten tolong di perjelas bos

    BalasHapus
  6. itu salah satu contoh pada kamar tidur di kapal pesiar,diperuntukan untuk penumpang karena interior dan mebelernya didesain secara rapi dan elegan, agar penumpang lebih nyaman dan lebih kerasan mas @Amirul.

    BalasHapus
  7. jika masih belum siap, jangan di post dulu mas eko, tunggu dulu sampai sesingkat-singkatnya

    BalasHapus
  8. seperti tidak berada diatas kapal. keren..

    BalasHapus
  9. supaya lebih di perjelas fineture mebelnya bukan design ruangannya.

    salam untuk kita semua

    BalasHapus
  10. oke mas eko, saya tunggu kelengkapnnya

    BalasHapus
  11. Terimakasih @Wahyu Aji betul mass pada pesiar memang didesain sangat indah dan rapi dan bisa dibilang juga hotel berjalan diatas air.

    BalasHapus
  12. @wisnu wardana terimakasih mas atas saranya ,iya mas nanti bisa saya update lagi artikelnya.

    BalasHapus
  13. kata sampean meja bisa dibuat dari besi dan kayu? meja berbahan kayu saya sering lihat tapi untuk meja dari bahan besi apa anda bisa memberikan contoh atau gambarnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maav bales komentar dari anda terlambat Bu Charla, untuk meja yang terbuat dari bahan besi/logam,pada kapal biasanya terletak pada ruang navigasi dan informasi Bu carla, di next posting saya akan menampilkanya terimakasih Bu Charla .

      Hapus
  14. Trdapat dikapal apa saja tempat interior seperti ini...??

    BalasHapus
  15. @Ariz dita tempat interior seperti itu pada kapal pesiar mas aris karena diperuntukan untuk penumpang yg berwisata,,berbeda dengan yang ada pada kapal barang dimana model interior dan mebelernya berdesain sederhana karena untuk menunjang kebutuhan ABK saat dikapal mas...

    BalasHapus
  16. apa hanya ini saja mebel yang ada pada kapal??

    BalasHapus
  17. yak infonya sangat membantu untuk menambah pengetahuan

    BalasHapus
  18. @dona fatya masih banyak lagi bu Dona ditunggu update post berikutnya @yusuf ari sama sama mas ari @Ana dwi lestari semoga dapat menambah wawasan Bu Ana @Wahyu Dhika Terimakasih mas dhika ditunggu aja next update untuk potinganya

    BalasHapus
  19. trimakasih pelengkapannya artikel blog anda mas eko, trimakasih

    BalasHapus
  20. untuk pemasangan permanen pada mebler biasanya untuk barang apa yah mas , ? makasi

    BalasHapus
  21. @ Nurul Azizah tunggu untuk update selanjutnya Bu Nurul

    BalasHapus
  22. coba dong dijelaskan meubel yg ada pada jenis kapan lain juga, jangan melulu di kapal pesiar..

    BalasHapus
  23. Saya suka artikel Anda, simple tapi jelas . Tolong di upgrade lagi artikelnya, terimakasih:)

    BalasHapus
  24. apakah mebel tersebut hanya ada di kapal mewah saja??

    BalasHapus
  25. @Andree Vicky Terimakasih atas pertanyaanya mas andree, baik didalam artikel yang saya bahas mengenai mebel pada interior kapal dan saya sengaja sangkutkan dengan kapal pesiar,karena pada mebeler pada kapal pesiar ada berbagai macam dan lengkap,sedikit berbeda dengan kapal-kapal lainya seperti kapal barang,tanker,dll, mebeler pada kapal digunakaan untuk kebutuhan ABK,Nahkoda,dan perwira bentuknya sederhana ,jadi kesimpulanya hampir sama mas Andre mebeler pada kapal pesiar maupun kapal lainya ,yang berbeda hanya dari segi model dan nilai kenyamananya.

    BalasHapus
  26. @Magfira Rahmadilla Terimakasih atas kritik dan komentar anda,baik bu fira ditunggu aja next update dari postingan blog saya.

    BalasHapus